BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Mengenal Disstrack Lewat “Kamikaze”

source : google

Skena musik hip-hop dunia kembali digemparkan dengan kembalinya sang legenda, Marshall Mathers atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya, Eminem. Tepatnya kemaren tanggal 31 Agustus 2018, Eminem ngeluarin album terbarunya yang diberi judul Kamikaze. Buat kalian yang gak tau, Kamikaze itu sebutan buat strategi jepang saat menyerang Pearl Harbour dengan pesawat pilot bunuh diri. Oke, kembali lagi, Lagu-lagu dalam album Kamikaze ini banyak nyerita dan ngomongin skena musik hip-hop hari ini dari kacamata seorang legenda hidup, Eminem. Gak cuman itu, Eminem juga mencela dan menyudutkan rapper-rapper yang sedang naik daun hari ini. Rapper-rapper yang dicela lewat lagunya antara lain Drake, Machine Gun Kelly, Lil Pump, Tyler The Creator, Lil Xan yang disebut Eminem sebagai Mumbling Rap. Eminem juga menyindir tentang kebiasaan Rapper-rapper hari ini yang terlalu banyak bicara tentang Drugs, Gangster dan Hedonisme. Tak ketinggalan   kritikus musik sekaligus penyiar radio ternama, Charlamagne Tha God dan mantan Rapper Joe Budden terkena semprotan.

Lagu dalam album Kamikaze-nya Eminem sekilas terdengar seperti lagu-lagu hip-hop yang berisikan makian, celaan dan meremehkan seseorang. Lagu-lagu sejenis ini disebut dengan Disstrack. Sebelum kita jauh ngomongin Disstrack, kita harus tau dulu nih bagaimana sebenarnya budaya musik hip-hop muncul. Hip-hop sebenarnya adalah sebuah gerakan kesadaran yang berbasis budaya. Dulu banyak aktivis hip-hop bermunculan dari berbagai elemen, baik itu Rapper, Beatboxer, DJ, Breakdancer dan penikmat skena lainnya. Hasil dari perjuangan budaya ini, hip-hop jadi memiliki sejenis kitab suci otentik yang diresmikan dan disaksikan langsung oleh delegasi PBB serta UNESCO yang diberi nama “Hip-Hop Declaration Of Peace”.

Salah satu ciri musik hip-hop dari berjuta-juta ciri khasnya adalah diss atau dissing. Menurut Urban Dictionary, dissing sendiri adalah kependekan dari disrespect yang artinya meremehkan. Sedangkan menurut kamus Merriam-Webster, arti diss sendiri itu kurang lebihnya adalah memperlakukan sesuatu yang kasar kepada seseorang atau mengkritik sesuatu dengan cara yang menunjukan rasa tidak hormat. Konon istilah ini dibawa oleh orang Jamaica yang tinggal di Amerika atau kaum Africa Amerika.

Merujuk dari dua kamus di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa lagu diss atau Disstrack sendiri adalah lagu yang emang sengaja dibuat dan ditujukan untuk tidak menghormati dan menyindir individu maupun grup. Meskipun Disstrack ini berkembang dan popular dalam skena hip-hop, sebenarnya jenis lagu seperti ini pertama dipopulerkan oleh genre lain. Lebih tepatnya datang dari penyanyi Soul ternama, Joe Tex yang mencela pentolan The Beatles, Paul Mcartney. Buat kalian yang penasaran dan pengen tau lebih jauh tentang budaya Disstrack, coba nonton film berjudul 8Mile yang diperankan langsung oleh Eminem. Dalam film itu ada satu scene yang bercerita dimana Eminem, sebagai Rapper kulit putih melawan Rapper kulit hitam dalam sebuah rap battle.

Tapi jangan sampai kalian beranggapan jika rapper harus membuat Disstrack, karena sebenernya Disstrack itu adalah bagian dari budaya namun tak harus juga dilakukan. Lebih baik memiliki karya yang tidak menyindir siapa-siapa dan dikenal melalui jalan tersebut.  Hari ini musik hip-hop menjadi salah satu industri musik besar yang begitu menguntungkan dan ladang uang bagi siapa yang berkecimpung disana. Banyak rapper yang memanfaatkan momen untuk menaikan namanya melalui Disstrack yang berakibat pada esensi suci dari skena musik ini tercoreng. Kita harus senantiasa mengingat, hip-hop bukan hanya sekedar Disstrack, tapi gerakan kesadaran berbasis budaya.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…