BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Lo-Fi Hip-Hop, Musik Kaum Urban!

Akhir akhir ini banyak orang yang sering nongkrongin channel youtubenya Chilledchow. Bagi kamu yang belum tau, Chilledcow ini salah satu channel live streaming di youtube yang memutar lagu-lagu selama 24jam. Lagu yang di putar disana adalah lagu-lagu instrumental jazz hip-hop yang lebih tren disebut musik lo-fi hip-hop.

Pertanyaan mendasar yang ada dibenak setiap orang, apa sih musik lo-fi itu ? kok bisa banyak orang yang suka? Jadi, Musik lo-fi itu awalnya adalah musik segmented yang pendengarnya jarang sekali. Tapi setelah Joji, alias Filthyfrank mempopulerkan jenis musik ini untuk lagu-lagunya, banyak orang yang tertarik dan mulai bertanya-tanya.

Saat Joji melejit dengan lagu-lagunya , lo-fi hip-hop serasa diberi angin segar. Berbagai platform pemutar musik digital dengan cepat di jamuri musik lo-fi. Produser-produser dan akun-akun yang memutar musik ini membuat sesuatu yang bikin penasaran. Embel-embel seperti Chill Music, Gaming beat dan Study beat menjadi hasil pencarian teratas di kanal Youtube. Sejarah musik lo-fi itu gak bisa lepas dari culture hip-hop dan perkembangan teknologi.

Kalau kalian belum tau, musik hip-hop itu genre musik yang tercipta dan berkembang pesat di Amerika Serikat tahun 1970an yang awalnya melibatkan teknik Rap. Teknik Rap adalah cara berbicara yang dilafalkan lewat rima yang ritmis dan musik latar yang ritmis juga. Awalnya pertumbuhan musik hip-hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia.

Fakta menyebutkan kalau hip-hop sebenarnya berasal dari kosakata orang Afro-America yakni Hip yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “memberitahu” atau “sekarang” dan akhiran Hep. Ada pendapat lain yang nyebut “Hip-Hop” merupakan kata slengean lain dari Bebop.

Terdapat banyak genre turunan ( subgenre) dalam hip-hop, dengan perkembangan teknik sampling yang semakin pesat, subgenre hip-hop memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing. Subgenre hip-hop antara lain Rapcore, Electro, Miami bass, Hardcore hip-hop, Trip hip-hop termasuk lo-fi hip-hop. Terus, gimana sih sejarah musik lo-fi ini?

Lo-fi berasal dari kata low-fidelity yang berarti jenis rekaman suara yang  punya kekurangan teknis dan membuat rekaman terdengar berbeda. Biasanya dalam perekaman lo-fi terdapat distorsi seperti suara hujan atau suara kantong kresek yang diremas-remas, terkadang di beberapa musik lo-fi ditambahkan dengan suara orang yang sedang mengobrol lambat-lambat. Respon frekuensi yang terbatas karena alat, membuat musik lo-fi terdengar lebih simple dibanding subgenre lain. Karena musiknya yang simple ini, nada-nada dalam lagunya dipercaya bikin kita yang mendengarkan akan merasa santai. Istilah low-fidelity berbeda dengan istilah high-fidelity atau yang kenal dengan istilah “Hi-Fi”. Hi-Fi mengacu pada peralatan yang lebih mantap dan dapat memproduksi musik tanpa distorsi atau gangguan latar belakang apapun.

Beberapa rekaman “Low Budget” dari tahun 1970an dan 1980an memiliki suara lo-fi yang tidak disengaja karena keterbatasan teknik perekaman dan pemrosesan analog pada saat itu, terutama karena tidak ada cara pengolahan audio seperti sekarang. Masalah distrorsi jadi sulit dikendalikan karena pemotongan background audio tidak semudah seperti sekarang. Tapi dari beberapa kasus, background audio sengaja tidak diolah ulang, biasanya untuk rekaman piringan hitam dan kaset. Hal ini sengaja dilakukan untuk alasan keindahan karena diyakini memiliki sejarah tersendiri yang menjadi cikal bakal terciptanya subgenre lo-fi hip-hop.

Bagi kalian penggemar musik Sigur-Ros, musik lo-fi bakal cocok untuk telinga karena mirip dalam pengambilan nada yang minimalis namun begitu aesthetic. Perbedaannya cuman terletak di nada-nada yang jarang sekali menggunakan nada-nada klasik yang banyak digunakan Sigur-Ros. Musik lo-fi lebih identik dengan piano Jazz, suara Saxophone dan tentunya Kick khas hip-hop.

Hari ini, produser musik lo-fi semakin menjamur sebab musik lo-fi dianggap menjadi nada kaum urban di seluruh dunia. Fans-fans musik lo-fi berani berpendapat kalau musik ini sangat kalem sampe-sampe bikin jiwa dan raga rileks. Atas dasar itu musik lo-fi cocok diputar saat baca buku, main video games, nunggu hujan reda atau nunggu sunset juga sebagai teman perjalanan tengah malam.

Ada beberapa komposer dan musisi yang beraliran lo-fi antara lain, Jinsang, Nujabes, Summer, Saib, Joji, Flamingosis, Birocratic, Sagun, Swell, L’Indecis, Elijahwho, Kudasai, The Breed dan banyak lagi.

Percaya gak percaya, siklus tren dunia itu gak berubah sama sekali, pergerakan dalam tren gaya berpakaian, lifestyle, bahkan dalam musik pun memiliki perputaran yang sama. Sesuatu yang kompleks mengalahkan sesuatu yang sederhana. Lalu, sesuatu yang sederhana menggulingkan  sesuatu yang kompleks. Sekarang, waktunya hip-hop yang sederhana dengan sedikit lirik dengan nada minor disana-sini merajai telinga kaum Urban di seluruh dunia.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…