BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Pray For Palu, Ini dia Bencana-Bencana Yang Pernah Mengguncang Indonesia.

Kabar duka kembali terdengar oleh masyarakat Indonesia. Kali ini kabar datang dari provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Palu. Gempa berkekuatan 7,7 skalaricher mengguncang kota tersebut Jumat 28 September 2018 kemarin.

Akibat gempa dahsyat tersebut Jaringan listrik dan telekomunikasi di kota tersebut. Gempa itu juga menyebabkan tsunami yang terekam oleh kamera ponsel salah satu warga.

Bencana ini telah menjadi bencana skala nasional karena merusak banyak hal, terutama jaringan telekomunikasi. Korban tewas dikabarkan terakhir mencapai 384 orang dan 54 orang telah berhasil di identifikasi.

Bencana alam berkekuatan besar adalah hal yang memungkinkan sebab seperti kita tahu Indonesia memang terlewati garis khatulistiwa dan berada di lingkaran cincin api alias zona merah bencana alam.

Gempa dan Tsunami di Palu hari kemarin, selain membuat hati kita terenyuh, mengigatkan kita kembali pada bencana-bencana alam yang dahsyat di masa silam. Berikut ini daftar bencana alam yang pernah membuat masyarakat Indonesia berduka.

Meletusnya Gunung Krakatau

Percaya gak percaya, Gunung Krakatau adalah gunung api paling aktif dan berbahaya di dunia. Gunung yang terletak di selat sunda ini juga merupakan gunung api paling merusak sepanjang sejarah umat manusia. Meletusnya gunung Krakatau tahun 1883 menjadi salah satu bencana paling mengerikan

Tepatnya 27 Agustus, Krakatau meletus secara beruntun dan menalan korban setidaknya 36.417 jiwa akibat letusan dan tsunami yang dihasilkannya. Dampak letusan ini juga diraskan oleh semua orang di penjuru dunia.

Tsunami Aceh

Sulit rasanya untuk melupakan tsunami Aceh yang terjadi di tahun 2004. tsunami ini merupakan salah satu tsunami terdahsyat dan paling merusak sepanjang sejarah. Gempa yang terjadi di samudra Hindia ini ternyata terjadi di Sri Langka dan Thailand juga, namun dampak terburuk terjadi di Aceh.

Tsunami setinggi 30 meter ini setidaknya menewaskan 5000.000 jiwa dan meluluhlantahkan kota dan pesisir-pesisir provinsi aceh. Karena begitu dahsyatnya tsunami ini, seluruh masyarakat internasional berbondong-bondong memberikan bantuan kemanusiaan.

Erupsi Gunung Merapi

Letusan gunung merapi tahun 2010 adalah salah satu rangkaian peristiwa bencana skala nasional. Awan panas yang lebih dikenal dengan sebutan “Wedus Gembel” membuat panik warga Jogjakarta.

Letusan gunung merapi ini memakan 353 korban jiwa termasuk sang kuncen gunung, Mbah Maridjan yang ditemukan meninggal dengan posisi sujud.

Gempa Lombok

Tahun 2018 menjadi tahun bencana bagi Indonesia. Di pertengahan tahun 2018, tepatnya bulan Juli, gempa bumi yang berpusat di dekat gunung Rinjani berkekuatan 7.0 Skalaricher ini mengguncang Lombok.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di tiga pulau berbeda, yakni di seluruh pulau Lombok, pulau Sumbawa dan pulau Bali. Sedikitnya 10.062 rumah runtuh akibat gempa dahsyat ini, dan 10 orang dinyatakan sebagai korban jiwa.

Jumlah pengungsi akibat gempa Lombok sangat membludak dan sangat membutuhkan pasokan makanan dan air bersih. Kabarnya masyarakat Lombok merasa trauma karena gempa yang terus menerus terjadi. Dari laporan BMKG, gempa Lombok mencapai lebih dari 1000 kali.

Mungkin kita sebagai masyarakat Indonesia yang tidak terdampak bisa ikut bersimpati dan berdoa untuk saudara kita yang menjadi korban agar dikuatkan dan diberi ketabahan. Bencana alam ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Saat pemerintah berfokus pada pemulihan pasca gempa Lombok, hari ini kota Palu juga membutuhkan uluran tangan kita

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…