BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Mengenal Teknik-Teknik Pembuatan Motif Batik.

Setiap Tanggal 2 Oktober masyarakat Indonesia memperingati hari batik nasional. Seperti yang kita tahu, batik adalah salah satu dari sekian banyak entitas budaya bangsa Indonesia. Jika lebih disederhanakan, kain batik adalah produk asli Indonesia. Dalam sejarahnya, kain batik ini selalu menjadi buah tangan yang dibawa oleh orang-orang luar yang berkunjung ke Hindia-Belanda.

Sudah sejak zaman penjajahan, bisnis batik dipasarkan secara internasional. Hari ini batik semakin tren di dalam maupun luar negeri. Dalam perhelatan Asian Games 2018, pembatik nasional mendapatkan pesanan dengan jumlah besar.

Dalam pembuatan kain batik, terdapat berbagai macam teknik dalam membuat pola dan motif yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Saking beragamnya batik, hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki kain batik dengan motif dan teknik pembuatannya tersendiri. Berikut adalah teknik-teknik pembuatan batik paling populer.

Teknik Canting Tulis.

Teknik canting tulis adalah teknik pembuatan batik dengan alat bernama canting. Alat ini populer digunakan di pulau jawa. Canting sendiri terbuat dari tembaga ringan yang berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujungnya.

Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam pada sebagian pola batik, jadi saat kain dicelupkan ke dalam larutan pewarna, bagian yang telah di canting justru tidak akan terkena warna. Teknik ini dikenal sebagai teknik pembuatan batik secara tradisional.

Kelebihan jika kita menggunakan teknik canting adalah pengerjaan oleh tangan-tangan manusia dan menghasilkan pola batik yang alami yang tidak dimiliki teknik pembuatan batik yang lain.

Teknik Celup Ikat

Teknik celup ikat merupakan teknik pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, setelah diikat, kaim dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna hasilnya adalah bagian yang diikat tidak akan terkena warna sehingga membentuk sebuah pola. Teknik celup ikat memiliki tingkat kesulitan paling rendah dalam produksi, namun hasil ini juga tidak memiliki motif hias yang beragam.

Teknik Printing atau Teknik Cap

Teknik printing atau cap merupakan cara pembuatan motif batik menggunakan canting cap. Canting cap adalah alat kepingan logam atau pelat berisi gambar yang agak menonjol. Permukaan canting cap yang menonjol di celupkan pada cairan malam.

Canting cap akan ditekan pada kain yang telah berwarna. Ketika diangkat, canting cap akan meninggalkan motif. Motif-motif ini lebih dikenal dengan sebutan klise.Kelebihan produksi  menggunakan canting cap adalah pada proses pembuatannya yang cepat sehingga dapat menghasilkan lebih banyak kain batik. Tapi dibalik banyaknya kain yang dihasilkan, estetika pada pembuatan kain ini amat rendah.

Teknik Colet

Teknik colet adalah teknik yang lebih dikenal sebagai teknik lukis. Teknik pembuatan pola dan motif batik ini menggunakan kuas. Diantara teknik lain, teknik ini bisa disebut sebagai teknik yang paling rumit. Pembuat harus memilki jiwa seni dan kejelian tingkat tinggi serta imajinasi warna yang sama tingginya. Kejelian dalam proses pembuatan batik ini adalah hal yang paling utama, karena jika tidak jeli, motif dan warna akan becampur aduk dan menghasilkan kualitas motif batik yang buruk.

Nah itulah beberapa teknik dalam membuat batik. Setelah tahu bagaimana sukarnya membuat batik, seharusnya kita harus tetap melestarikan dan berbangga hati pada salah satu entitas bangsa ini. Untuk penutup, selamat hari batik nasional, mari lestarikan kebudayaan asli Indonesia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…