BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Ruang itu Bernama Social Club

Bandung bukan cuma punya industri dan komunitas kreatif, kota yang dijuluki lautan api ini juga masuk pada salah satu kota yang memiliki tingkat kesadaran sosial yang cukup tinggi di Indonesia. Tingkat kesadaran ini ditandai dengan menjamurnya komunitas dan organisasi-organisasi yang bergerak dibidang sosial.

Dengan banyaknya perkumpulan anak-anak muda yang ingin memberi solusi pada permasalahan-permasalahan sosial yang ada hari ini, walaupun masih belum semuanya terselesaikan, setidaknya Bandung kini memiliki banyak komunitas yang bergerak maju bersama demi tatanan sosial yang sedang di bangun untuk kepentingan masa depan.

Social Club adalah salah satu dari banyaknya komunitas yang bergerak pada proyek sosial. Social Club adalah sebuah nama dari proyek sosial yang berfokus pada isu-isu yang tidak bisa di bicarakan di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung, misalnya tentang pop culture, skena musik dan hal-hal lain yang terkesan anak muda banget.

Gagasan awal dibentuknya Social Club ini adalah, saat itu Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung mesti memiliki organisasi yang berfokus pada funding (pencarian dana) demi kepentingan kantor sekaligus mendekatkan LBH dengan akar rumput alias masyarakat secara langsung.

Pada awal terbentuknya, Social Club bertempat di samping kantor LBH di Jalan Sidomulyo kota Bandung, namun karena kantor LBH Bandung harus pindah ke jalan Belivron dengan tempat yang terbatas, maka Social Club berganti konsep menjadi mobile dalam aktifitas-aktifitasnya.

Untuk Organisasi Sosial, konsep Social Club bisa dibilang menarik. Social Club adalah pelopor yang memperkenalkan konsep “People to People” yang berarti Social Club akan mendatangi masyarakat maupun client-client LBH secara langsung. Dalam kegiatan mendatangi masyarakat tersebut, Social Club membuka klinik bantuan hukum gratis bagi masyarakat yang membutuhkan.

Selain menyediakan klinik bantuan hukum, Social Club juga memiliki Coffe Shop, Merchandhise, rilisan fisik dari berbagai jenis genre musik, dan menjual buku-buku.

Semua keuntungan dari hal-hal yang telah disebutkan di atas kemudian dialokasikan untuk membantu kerja-kerja bantuan hukum LBH Bandung dan semua pihak yang terlibat dalam aktifitas Social Club itu sendiri.

Banyak hal positif yang telah mereka tebar untuk kehidupan sosial di kota Bandung, dan mereka masih berencana untuk tetap konsisten menebar ide-ide Hak Asasi Manusia dan Keberagaman pada anak-anak muda kota kembang.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…