BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Ini Dia Suka Duka Jadi Perantau

Sudah banyak film dan buku yang ngangkat cerita anak-anak muda daerah yang ngerantau ke kota besar demi memperbaiki hidup atau mencapai cita-cita luhur. Contohnya seperti kisah terkenal asal Sumatra Barat, Malin Kundang atau cerita Zaennudin di buku Tenggelamnya Kapal Van Der Wick karya Buya Hamka.

Ternyata hari ini banyak juga loh anak muda daerah yang merantau ke kota besar untuk cari kerja atau kuliah. Demi memperbaiki hidup, mereka rela meninggalkan keluarga dan kehidupan yang nyaman di desa.

Anak-anak rantau ini ternyata punya hal-hal menyenangkan dan menyedihkan saat mereka ngerantau, diantaranya

Bebas Ngelakuin Apa Aja

Jauh dari pengawasan orang tua, jadi hal yang menyenangkan buat anak rantau. Jika di rumah mereka harus nurut dan pulang tepat waktu, berbeda jika mereka di tanah rantau. Mereka bebas pulang jam berapa aja, bahkan gak pulang pun bukan jadi masalah besar. Pokoknya jadi anak rantau itu bebas ngelakuin apa aja tanpa takut dimarahin orang tua.

Mengenal Dunia Luar

Kehidupan di desa terkadang membosankan, pemandangan sawah dan gunung sudah bukan hal yang aneh lagi. Saat mereka ngerantau, perlahan-lahan mereka jadi tau gimana kehidupan dan seluk beluk kota yang didatangi. Hal itu jadi salah satu pengalaman berharga buat anak-anak rantau.

Memberikan Inspirasi Dan Ikut Memajukan Daerah

Kalo mereka pulang bawa keberhasilan dan kesuksesan, hal tersebut jadi sebuah kebanggaan tersendiri. Kalo mereka sukses, mereka bisa menginspirasi anak-anak di bawahnya untuk ikut merantau juga, ditambah jika mereka bisa ikut memajukan daerah asal mereka tinggal, wah ini sih mimpi setiap anak rantau seluruh negri.

Nah, di samping hal-hal yang nyenengin, ternyata ada hal-hal yang bikin miris saat ngerantau, diantaranya

Jauh Dari Keluarga

Jauh dari orang tua itu kesedihan tersendiri. Apalagi kelo posisinya lagi sakit dan butu kasih sayang orang tua. Kalo di rumah mereka diurus saat sakit, beda jika mereka ngerantau, mereka harus pergi ke dokter sendiri, beli obat sendiri dan beli makan sendiri. Pokoknya ngapa-ngapain sendiri.

Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Culture shock itu sesuatu yang wajar, tapi jika kebudayaan di kota sangat berbeda jauh dengan tempat asal, itu jadi sulit banget buat anak rantau. Kesulitan beradaptasi dan dapet teman biasanya terjadi saat tahun-tahun pertama ngerantau. Kalo udah sulit adaptasi gitu, yang ada adalah perasaan homesick. Pengen pulang~

Birokrasi, Administrasi, Keuangan

Perlu diakui, ngatur keuangan di tempat rantau itu sulit banget. pikiran harus bayar kos-kosan, harus bayar kuliah, belum buat jajan dan makan. Makanya wajar kalo anak rantau takut sama yang namanya akhir bulan.Ngurusin masalah birokrasi dan administasi juga sama pusingnya, rasa-rasanya birokrasi di Indonesia itu ngejelimetnya minta ampun.

Itu dia suka duka jadi anak rantau, buat kalian anak rantau, tetap semangat dan raih cita-cita kalian.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…