BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Dikenal Sebagai Negara Macet, Ini 5 Kota Termacet di Indonesia

Gak akan ada habisnya kalo ngomongin masalah yang ada di Indonesia. Dari mulai literasi, pendidikan, kemiskinan, kesejahteraan, masalahpolitik sampai hal yang dirasain setiap hari, macet. Seperti yang kita tau di Indonesia, terutama di Jawa banyak banget kota besar yang tingkat kemacetannya tuh bikin garuk-garuk kepala.

Kemacetan ini banyak asalnya. Pertama bisa jadi karena volume kendaraan semakin bertambah dan gak bisa dikendalikan atau jalanan semakin sempit karena ruasnya dipake parkir liar sama ngetem angkot. Dari pada makin emosi, langsung aja ya 5 kota termacet di Indonesia versi Bangstation.

Jakarta

Y,  Jakarta sebagai ibu kota negara dan pusat ekonomi yang tersentralisir jadi nomor urut pertama soal kemacetan. Jakarta itu hebat, gak tanggung-tanggung Jakarta jadi kota termacet ke 4 se-Asia Tenggara dan nomor 25 di dunia saking chaosnya.

Lama waktu yang mesti dihabiskan pengendara kalo jalanan macet itu nyampe 63 jam selama dalam setahun. Chaos.

Bandung

Selain jadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Bandung adalah kota tujuan destinasi liburan orang Jakarta. Jadi setiap weekend, kemacetan Jakarta sedikit berpindah ke Bandung.  Peningkatan angka kemacetan ini menjadikan kota kembang di urutan nomor dua kota termacet di Indonesia.

Selain ruas jalan sempit dan dipake parkir liar, volume kendaraan di Bandung pun meningkat. Lama yang dihabiskan pengendara jika jalanan macet adalah selama 46 jam selama satu tahun.

Malang

Aneh bin ajaib, kota Malang, kota terbesar kedua di Jawa Timur itu mengalahkan ibu kotanya sendiri, Surabaya kalo masalah macet-macetan. Penyebab kemacetan ini karena banyaknya wisatawan yang datang aktivitas anak kuliahan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pengendara di kota Apel harus siap-siap ngabisin waktu selama 45 jam dalam setahun ditengah bunyi klakson dan asap knalpot.

Jogjakarta

Kota Sultan, kota feodal dan kota pelajar ini ada di urutan keempat kota termacet di Indonesia. Walaupun tingkat kemacetan Jogjakarta dan Malang hampir setara, Hal ini membuat para pengendarannya sering emosi. Macet-macetan ini terjadi karena kota ini banyak didatangi perantau.

Karena tingkat kemacetan yang parah ini, pengendara di Jogja harus menghabiskan waktu 45 jam di jalan selama satu tahun.

Padang

Sebagai ibu kota provinsi Sumatera Barat, gak heran Padang muncul di urutan  ke 5 kota termacet di Indonesia. Padang berhasil mengalahkan kota Medan yang sama-sama kota besar yang berada di pulau Sumatera.

Pengendara di Padang harus terjebak 45 jam di jalanan pertahunnya.

Nah mungkin itu dia kota-kota paling macet di Indonesia. Kemacetan berasal dari banyak faktor. Yang paling krusial adalah volume kendaraan, seharusnya kepolisian dan pemerintah bikin regulasi tentang batas pembelian mobil per satu rumah. Jika itu sudah berhasil dan jalanan diperbaiki dan diperpanjang lebarnya, maka kemacetan akan hilang di Indonesia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…