BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

World Bank dan IMF adalah Organisasi Kudeta Internasional

International Monetary Fund alias IMF dan Bank Dunia hari ini menjadi bahan bibir masyarakat Indonesia. Rencana kedatangan IMF dan Bank Dunia menjadi sorotan publik karena biaya penyambutannya begitu mewah dan terkesan menghambur-hamburkan dana sedangkan di Indonesia sedang terjadi bencana alam.

Beberapa kelompok masyarakat menolak kedatangan IMF karena menganggap IMF bukan solusi dari permasalahan ekonomi di Indonesia, tapi sebagian lain kelompik mendukung Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan besar yang diselenggarakan di pulau Bali tersebut.

Dalam sejarahnya IMF adalah badan internasional yang kotor karena menyokong dan memberi utang pada negara-negara di dunia, terutama negara berkembang. Ini dia beberapa pemerintahan hasil kudeta yang diberi pinjaman oleh IMF

Junta Militer di Brazil

Pada tahun 1964, militer yang disokong oleh Amerika Serikat menggulingkan presiden Brazil, Joao Goulgart. Semasa pemerintahan Goulgart tahun 1961 sampai 1964 terbilang progresif karena kebijakan ekonominya. Sepanjang kekuasaan Joao Goulgart, IMF tidak memberi pinjaman untuk Brazil. Namun ironisnya, sehari setelah rezim militer berkuasa, Amerika Serikat mengaku terlibat dalam aksi kudeta tersebut. Bersamaan dengan itu IMF segera mengucurkan dana pinjaman.

Augusto Pinochet di Chile

Tanggal 11 september 1973 adalah hari bersejarah yang tidak bisa dilupakan rakyat Chile. Militer, dibawah pimpinan Augusto Pinochet melancarkan kudeta. Kudeta yang disebut dengan “Opration Jakarta” ini merupakan kudeta yang disokong oleh Amerika Serikat dan berhasil menjatuhkan pemerintahan progresif Allende. Begitu berkuasa, pintu ekonomi Chile kembali terbuka dan IMF langsung menyetujui pinjaman untuk Pinochet.

Maboutu di Kongo

Pada tahun 1962, PBB melaporkan bahwa Mobutu menjarah beberapa juta dollar untuk membiayai pasukan negaranya. Tahun 1982, Erwin Blumenthal, seorang pejabat senior di IMF, membuat laporan tentang KKN yang dilakukan oleh Mobutu atas pinjaman dari IMF. Tapi laporan KKN ini tidak menghentikan pemberian pinjaman terhadap Mobutu. Hal ini membuktikan pengelolaan keuangan yang bebas korupsi bukanlah kriteria penting bagi IMF dan Bank Dunia. Ironis.

“The Lord” Soeharto di Indonesia

Setelah dikudetanya Soekarno melalui peristiwa 65 dan Supersemar, IMF bersama dengan Bank Dunia berlomba-lomba menyokong pemerintahan baru Indonesia yang dipegang oleh Soeharto. Pada bulan Oktober 1966 Soeharto memulai paket kebijakan stabilisasi dan rehabilitasi ekonomi atas saran IMF karena Indonesia telah resmi menjadi anggota Bank Dunia. Saat itu Robert McNamara, presiden Bank Dunia datang langsung ke Indonesia dan bertemu dengan Soeharto beserta sejumlah ekonom Indonesia keluaran sekolah Amerika.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…