BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Eksplorasi Menggila Kunto Aji Di “Mantra Mantra”

Solois Indonesia Kunto Aji baru saja merilis album terbarunya yang berjudul “Mantra Mantra”. Album ini merupakan album kedua dari penyanyi yang terkenal lewat lagu “Terlalu Lama Sendiri” ini setelah merilis album pertamanya yang berjudul “Generation Y” pada 2015 lalu.

Mantra Mantra” sendiri diangkat dari isu salah satu jenis mental health, yaitu overthinking alias berpikir berlebihan. Hal ini pulalah yang dialami Kunto Aji sehingga mengakibatkan penggarapan album ini berlangsung dalam waktu yang lama. Kunto Aji menggaet empat produser sekaligus dari latar belakang genre musik yang berbeda untuk menggarap album ini. Mereka adalah Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Bam Mastro, dan Anugrah Swastadi.

Dalam album yang rilis pada 14 September kemarin, Kunto Aji seolah menunjukkan pendewasaan dari sisi musikalitasnya. Berbeda dari album pertamanya yang lebih cenderung lebih nge-pop, album keduanya ini menawarkan genre yang lebih variatif. Seperti Pop, R&B, bahkan lo-fi hiphop hingga folk dengan ambience musik dan vokal yang kompleks.

Cukup banyak kejutan dari hasil eksperimen Kunto Aji yang saya tangkap di album ini. Beberapa lagu bahkan menggunakan pola ritmis yang tidak lazim dilakukan dalam sebuah komposisi lagu. Simak lagu “Topik Semalam” yang pada bagian awalnya menggunakan pola rhythm 4/4, namun ditengah lagu, pola rhythm berubah menjadi  3/4 dengan bunyi yang tetap mengalun enak. Atau lagu city-popJakarta Jakarta” yang terkesan ‘mengecoh’ siapapun yang mendengarkannya. Pada awalnya lagu ini berirama cukup slow dengan background dentingan piano, namun pada saat masuk ketengah lagu, lagu ini berubah menjadi sangardengan ketukan drum yang menggebu-gebu.

Album ini rilis dibawah naungan Juni Records, salah satu record label milik penyanyi Raisa. “Mantra Mantra” sudah rilis di berbagai kanal musik digital seperti iTunes, Spotify, dan Joox. Album ini sangat cocok didengarkan menggunakan headset dalam kondisi santai setelah bergelut dengan penatnya kehidupan, sembari merebahkan diri di atas tempat tidur kalian.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…