BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Sariwangi Pailit, Bukan Berarti Kematian Industri Teh

Kabar mengejutkan datang dari industri kuliner dalam negeri. Sariwangi, salah satu merk teh paling digemari masyarakat Indonesia dinyatakan pailit. Sariwangi, sejak didirikan oleh Johan Alexander Supit pada tahun 1962 telah menjadi minuman pilihan karena penyajiannya yang praktis karena sudah dikemas dan hanya perlu dicelup.

Minum teh dipagi hari bagi masyarakat Indonesia merupakan sebuah kebiasaan untuk memulai aktivitas di pagi hari. Biasanya disajikan dengan tambahan gula yang tentu berguna untuk menambah energi. Selain sebagai penambah energi, meminum teh setelah makan juga dipercaya dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Penyajian teh sangatlah beragam. Penyajian ini juga dapat digolongkan dari jenis teh yang disajikan. Penyajian teh yang benar akan memberikan manfaat yang sesuai dengan jenis teh tersebut. Ada beberapa jenis teh dan cara penyajiannya yang paling populer di Indonesia, diantaranya

Teh Hitam

Teh hitam atau teh merah adalah jenis teh yang paling sering ditemui dan diminum. Teh ini biasanya dikeringkan dan dikemas dalam bentuk kantung celup, seperti teh Sariwangi. Teh hitam dikenal sebagai teh yang mengalami oksidasi paling tinggi, hal ini terlihat dari warna teh yang lebih gelap. Penyajian teh ini cukup dengan menggunakan air dengan temperature 90-100 derajat celcius dan tunggu hingga 4-5 menit.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh yang memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi karena mengalami proses oksidasi lebih sedikit daripada teh lainnya. Penyajian teh hijau ini menggunakan air dengan suhu 70-80 derajat celcius. The direndam dengan waktu 2-3 menit dan the telah siap disajikan.

Teh Putih

Teh putih atau lebih dikenal dengan istilah White Tea adalah jenis teh yang diambil dari pucuk daun yang belum mekar. Proses pengeringan daun teh hanya dilakukan selama 24 jam agar tidak banyak proses oksidasi yang terjadi pada pucuk daun teh,.

Teh putih dikenal berkhasiat untuk terapi anak autis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang flu. Proses penyajian teh putih ini dengan cara menyeduh selama 3-4 menit dengan air bersuhu 80-90 derajat celcius.

Teh Biru

Teh biru atau biasa disebut teh Oolong atau juga disebut Blue Tea merupakan jenis teh yang berkembang dan diproduksi di Negara Tiongkok dan Jepang. teh Oolong sendiri mengalami setengah proses oksidasi. Proses penyajian teh Oolong dilakukan dengan cara menyeduh daun the selama 3-4 menit dengan air bersuhu 80-90 derajat celcius.

Nah, karena banyak jenis-jenis penyajian teh, maka pailitnya Sariwangi bukanlah kematian dari industri teh, di Indonesia bahkan sangat banyak industri-industri lokal yang membuat dan memproduksi teh dengan berbagai jenis yang membuat industry semakin beragam.

Leave your vote

-1 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…