BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Buruh Penuhi Jalanan Melbourne Tuntut Kenaikan Upah.

Kapitalisme, atau kepemilikan alat produksi secara pribadi tidak hanya menguntungkan beberapa orang, tapi juga senantiasa mengorbankan orang lain. Sialnya, jumlah pekerja atau buruh justru lebih banyak ketimbang orang-orang yang memiliki cukup kekayaan untuk membeli alat produksi.

Buruh adalah penopang ekonomi sebenarnya, karena jika tidak ada buruh maka aktivitas ekonomi di berbagai sektor akan lumpuh seketika, hal ini kemudian disadari oleh berbagai Serikat Buruh di Australia.

Sekitar 1.50000 orang dari berbagai elemen Serikat Buruh turun ke jalan-jalan di pusat kota Melbourne, Australia, Selasa (23/10/2018). Unjuk rasa sebesar itu belum pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir di negara Kanguru tersebut.

Tak hanya di Melbourne, aksi demonstrasi serentak juga berlangsung di kota-kota besar dan kota pedalaman Australia, mengusung satu tema, Change the Rules. Aksi tersebut bertujuan untuk menuntut kenaikan gaji buruh di Australia.

Di Meulborne, aksi dimulai dari gedung Trades Hall yang dianggap bersejarah, dan bergerak melintasi pusat kota di sepanjang jalan Swaston Street menuju titik akhir di Flinders Street Station.

Menurut para buruh, sistem hubungan industrial di Australia semakin hari semakin tidak adil. Pendulum sistem ini terlalu berayun jauh menguntungkan para kapitalis. Tidak ada kenaikan gaji dalam tahun-tahun terakhir memperburuk keadaan para pekerja, karena pertumbuhan gaji yang stagnan tidak sejalan dengan meningkatnya biaya hidup sehari-hari yang mengakibatkan sekitar 28000 ribu buruh kini menjadi tunawisma padahal mereka sudah bekerja full time.

Aksi tersebut didukung langsung oleh menteri utama Negara bagian victoria, Daniel Andrews yang turut turun ke jalanan bersama Serikat Buruh. Dalam kacamata demostran, undang-undang Fair Works harus diubah secara signifikan untuk tetap adil kepada kelas pekerja.

Demonstrasi buruh di Australia ini menjadi cermin pada bangsa kita bahwa memang benar ekonomi Negara ditopang oleh kelas pekerja, dan Indonesia sebagai negara harus mampu berlaku adil pada kelas pekerja, tetap melakukan pengawasan terhadap hubungan industri dan terus berusaha mensejahterakan kelas pekerja.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…