BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

“Ballads 1” Joji, Biasa Saja.

Joji, alias George Miller mungkin adalah orang yang paling unik dalam meniti karir musik professional yang sukses. Jika kalian masih ingat dengan joget “Harlem Shake” yang dulu sangat viral, dialah orang yang pertama kali membuat dan sekaligus mempopulerkannya. Dikenal sebagai komedian dark, sarkas, dan edgy di internet, pria keturunan Jepang-Amerika ini berhasil membuat dunia beguncang dengan setiap apa yang dia lakukan. Jauh sebelum dikenal dengan nama Joji, ia dikenal dengan nama Franku dan Pink Guy yang mengulik musik R&B yang tidak menarik di waktu senggangnya.

Pada tahun 2017, ia memutuskan untuk lebih fokus terjun ke dunia musik yang lebih serius. Setelah ia merilis EP-nya yang bernuansa gelap dan berlumuran darah,  In Tongues, Joji kini kembali dengan merilis album bertajuk Ballads 1 yang dirilis 26 Oktober kemarin.

Jika boleh membandingkan, album terbarunya ini tidak lebih baik dari In Tongues-nya terdahulu. Tentu saja ini subjektif, namun disini penulis memiliki pandangan tentang Joji, karena telah lama mengikuti karirknya jauh sebelum ia menjadi musisi seperti sekarang.

Dalam Ballads 1 penulis tidak terlalu merasakan soul yang biasa Joji berikan. Sebenarnya, jika mau membandingkan Joji dengan musisi R&B yang lain, dia ketinggalan jauh dari mereka, karena memang Joji adalah artis R&B yang biasa saja.

Lagi-lagi ini menurut penulis, Joji tidak terlalu baik dalam bernyanyi atau dalam memproduseri musik, namun hal itu tertutupi oleh sentuhan dan keunikan yang membuat lagu-lagunya yang semula terdengar biasa menjadi bermakna. Hal ini sudah menjadi cirikhas Joji jauh sebelum ia menjadi musisi.

Tidak seperti dalam EP-nya, Ballads 1 adalah album yang lebih memiliki beragam bunyi-bunyian dalam menghantarkan vibes pada pendengar. Album yang berisikan 12 Track ini dibuka dengan sentuhan musik layaknya dalam EP In Tongues. Mungkin Joji  ingin memberi kesan bahwa albumnya ini masih memiliki nilai jual sama seperti In Tongues.

Dalam album ini, ada 4 track yang sudah dirilis sebelum di satukan dalam album, track itu  adalah  SLOWDANCING IN THE DARK, TEST DRIVE, CAN’T GET OVER YOU dan YEAH RIGHT. Joji tidak bernyanyi dan memproduseri album ini sendirian, dalam albumnya ia banyak berkolaborasi dengan musisi lain seperti Trippie Red, Clams Casino, D33J dan Shlohmo.

Sebenarnya album ini tidaklah buruk seperti yang orang katakan, mungkin beberapa track bisa DJ gunakan untuk sekedar membuat crowd loncat-loncat di klub malam atau beberapa track juga bisa diputar saat galau. Hanya saja dalam pandangan saya, Joji seperti kehilangan apa yang ia buat. Kepribadiannya yang sudah dikenal luas telah di kooptasi oleh industri musik modern.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…