BANG! Station

Stasiun Streaming Kamu

Tuti Tursilawati Di Eksekusi Tanpa Notifikasi

Bukan saja terlibat dalam konspirasi pembunuhan jurnalis asal Amerika Serikat, Jamal Khasoggi, pemerintah Arab Saudi kembali melakukan tindakan sewenang-wenang dalam menangani kasus hukum yang terjadi di negaranya.

Kabar duka datang dari sektor Tenaga Kerja Wanita (TKW). Kabar itu Adalah kabar eksekusi mati Tuti Tursilawati yang dilakukan Senin kemarin. Anehnya, eksekusi tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan apapun pada pemerintah Indonesia.

Kasus ini pertama mencuat sekitar tahun 2011. Buruh migran asal Cikeusik, Majalengka, Jawa Barat ini divonis mati oleh pengadilan Arab Saudi pada Juni 2011 dengan tuduhan membunuh majikannya, Suud Malhaq Al Utibi.

Awalnya, Tuti berangkat ke Arab pada tanggal 5 September 2009 dan bekerja sebagai pekerja rumah tangga di kota Thaif, provinsi Mekkah Barat. Selama berada di rumah majikannya, Tuti Susilawati kerap mendapat tindak pelecehan seksual, tuduhan pencurian hingga pemerkosaan.

Perlakuan tak senonoh majikannya pada Tuti mencapai puncaknya pada tanggal 11 Mei 2010. Tuti hendak diperkosa oleh majikannya dan melakukan perlawanan. Ia memukul majikannya menggunakan tongkat untuk membela diri dan majikannya meninggal.

Tak sampai disitu, Tuti memutuskan untuk melarikan diri. Saat dalam pelariannya, Tuti diperkosa sembilan pria Arab saat hendak menemui temannya di Mekkah. Pria-pria pemerkosa itu hanya dijatuhi hukuman 9 bulan penjara dan Tuti Tursilawati ditangkap pihak kepolisian Thaif.

Setelah ditangkap dan disidang, satu-satunya cara agar Tuti bisa lepas dari hukuman mati adalah pengampunan dari keluarga majikannya, namun sayangnya keluarga majikannya enggan memberikan pengampunan pada Tuti.

Setelah kabar eksekusi Tuti Tursilawati diketahui pemeritah Indonesia dan masyarakat, banyak orang yang mengecam hukuman mati yang diberlakukan Arab Saudi yang dengan santai telah melanggar hak asasi manusia.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Comments

0 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close

Ad Blocker Detected!

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website.
Thank You!

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…